Harga Spring Bed Dunlopillo
Spring Bed King Koil Harga Murah
Harga Spring Bed Serta Murah
Spring Air Springbed
Kasur Spring Bed SImmons-Harga Murah
Jual Lady Americana Spring Bed Murah
Harga Grosir Therapedic Spring Bed
Guhdo Bed
Banner Testimoni Galleria Furniture

Apa Penyebab Sleep Paralysis dan Tips Bagaimana Mengatasinya

Apakah Anda pernah merasa terbangun dari tidur tetapi Anda tidak dapat bergerak ? Mungkin pada saat itu Anda merasa takut tetapi sekuat apapun Anda berusaha, Anda tidak dapat bersuara sedikit pun ? Kondisi ini disebut sebagai Sleep Paralysis. Mungkin Anda hanya pernah mengalaminya sekali, atau mungkin juga sering kali.

Kabar baiknya adalah : Sleep Paralysis tidak dikategorikan sebagai masalah kesehatan yang membahayakan.

Apakah Sleep Paralyisis Merupakan Masalah Yang Serius ?

Para peneliti di bidang kesehatan tidur menyimpulkan bahwa, dalam sebagian besar kasus, Sleep Paralysis hanya merupakan suatu keadaan dimana tubuh Anda tidak dapat bergerak secara halus dalam tahapan-tahapan tidur. Jarang sekali Sleep Paralysis dihubungkan dengan masalah yang serius, baik secara fisiologis maupun psikis.

Selama berabad-abad Sleep Paralysis telah sering dikaitkan dengan kehadiran iblis atau setan dalam tidur. Persepsi mengenai Sleep Paralysis sebagai suatu hal yang berbabu mistis ini terjadi di hampir semua buadaya.

Apakah Itu Sleep Paralysis ?

Sleep Paralysisi merupakan suatu keadaan ketika Anda sedang tertidur lalu kemudian terbangun dan sadar , tetapi Anda tidak dapat bergerak dan bersuara. Sleep Paralysis mungkin terjadi ketika seseorang berada di suatu tahapan antara tidur dan bangun. Dalam masa transisi ini Anda mungkin tidak dapat bergerak selama beberapa detik atau bahkan menit. Beberapa orang mungkin merasa seperti tertekan atau perasaan seperti tercekik. Sleep Paralysis dapat terjadi bersamaan dengan gangguan tidur lain yang dinamakan narcolepsy. Narcolepsy merupakan masalah dalam tidur yang disebabkan oleh terganggunya kemampuan otak untuk mengatur pola tidur.

Kapan biasanya Sleep Paralysis Muncul ?

Sleep Paralysis biasalnya timbul satu atau dua kali ketika Anda tidur, bahasa ilmiahnya adalah Hypnagogic atau Predormital Sleep Paralysis. Apabila terjadi ketika Anda terbangun, maka disebut Hypnopompic atau Postdormital Sleep Paralysis.

Apa Yang Terjadi Ketika Seseorang Mengalami Hypnagogic Sleep Paralysis ?

Ketika Anda tidur, tubuh Anda secara perlahan menjadi lebih tenang. Biasanya otak secara otomatis menjadi lebih relaks dan kurang tanggap pula. Masa penurunan daya tanggap otak dibarengi proses menuju terlelap ini yang mungkin menyebabkan Sleep Paralysis. Otak Anda dalam prosesnya masih tetap sadar tetapi sebagian otak lain telah memerintahkan tubuh untuk tertidur.

Apa Yang Terjadi Ketika Seseorang Mengalami Hypnopompic Sleep Paralysis ?

Ketika tertidur , tubuh Anda mengganti tahapan dalam tidur antara REM (Rapid Eye Movement) dan NREM (Non-Rapid Eye Movement). Satu siklus REM dan NREM berlangsung selama kira-kira 90 menit. NREM terjadi sebelum REM, dan NREM biasanya berlangsung selama kira-kira 75% dari seluruh waktu tidur Anda. Selama masa NREM tubuh Anda melakukan relaksasi dan merestorasi dirinya. Pada akhir NREM, Anda akan beralih ke REM. Mata akan bergerak-gerak selama tidur dan mulai mengalami mimpi, tetapi sisa tubuh yang lain tetap rileks. Otot-otot tubuh Anda tidak diaktifkan selama REM. APabila Anda terbangun selama periode tidur REM, Anda akan mengalami bahwa Anda tidak bergerak. Ini karena otak "mematikan" otot-otot tubuh.

Siapa Saja Yang Dapat Mengalami Sleep Paralysis ?

Sekitar 4 dari 10 orang mengalami Sleep Paralysis. Kondisi yang umum terjadi ini biasanya mulai dialami sekitar remaja. Tetapi baik pria maupun wanita dapat mengalaminya dalam umur berapapun. Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan atau memicu terjadinya Sleep Paralysis adalah :
-. Kurang tidur
-. Jadwal tidur yang berubah
-. Keadaan mental, seperti misalnya stress
-. Penggunaan obat-obatan tertentu

Bagaimana Pengobatan Untuk Sleep Paralysis ?

Kebanyakan orang tidak membutuhkan pengobatan untuk Sleep Paralysis. Yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan disiplin tidur Anda untuk mendapatkan waktu tidur yang mencukupi 7-8 jam setiap malam. Ditambah juga dengan penanganan stress agar ketika tidur otak Anda relatif lebih tenang. Apabila Anda terlalu sering mengalami Sleep Paralysis ada baiknya bagi Anda untuk menemui dokter Anda. Karena dokter akan mencoba untuk mencari gejala-gejala dasar sebagai pemicu terjadinya Sleep Paralysis.

(Sumber : www.webmd.com)

DISCLAIMER : Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai saran profesional dalam bidang medis. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk analisa kesehatan tubuh Anda yang akurat dan saran medis terbaik.

Airland Spring Bed
Springbed Elite Harga Termurah
Jual Spring Bed Comforta Murah
Harga Spring Bed Florence Termurah
Kasur Springbed RESTA
Aneka Kasur Spring Bed Anak 2in1
Tempat Tidur Anak Bigland