Harga Spring Bed Dunlopillo
Spring Bed King Koil Harga Murah
Harga Spring Bed Serta Murah
Spring Air Springbed
Kasur Spring Bed SImmons-Harga Murah
Jual Lady Americana Spring Bed Murah
Harga Grosir Therapedic Spring Bed
Guhdo Bed
Banner Testimoni Galleria Furniture

Studi Membuktikan : Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Resiko Bagi Tubuh Untuk Mengalami Resistensi Insulin

Berkurangnya sensitivitas insulin, atau yang biasa disebut juga sebagai Resistensi Insulin timbul sebagai akibat tubuh tidak mampu menggunakan hormon insulin sebagaimana mestinya. Akibatnya adalah kadar gula dalam darah yang menjadi lebih tinggi dari normal. Resistensi insulin merupakan pemicu dari diabetes tipe 2, yang juga merupakan faktor resiko yang berkaitan dengan berbagai penyakit kronis.

Faktanya, mengendalikan kadar atau level insulin merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengurangi berbagai resiko dari penyakit-penyakit kronis, termasuk diantaranya adalah tekanan darah tinggi, sakit jantung, dan kanker. Saat ini meningkatnya berbagai penyakit yang berkaitan dengan resistensi insulin banyak diakibatkan oleh kurangnya berolah raga ditambah dengan pola makan tidak sehat yang mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan karbohidrat secara berlebihan. Tetapi saat ini ternyata kurang tidur pun merupakan penyebab resistensi insulin yang cukup signifikan.

Menurut sebuah riset yang diterbitkan dalam the Annals of Internal Medicine, setelah 4 malam kurang tidur ( durasi tidur hanya sekitar 4,5 jam per malam ), para subjek tes mengalami penurunan dalam sensitivitas insulin sebanyak 16%, dan sensitivitas insulin terhadap sel-sel lemak adalah 30% lebih rendah.Tingkat penurunan ini sama dengan mereka yang menderita diabetes atau obesitas.

Matthew Brady,Associate Professor of Medicine at the University of Chicago mengungkapkan :

" Hal ini sama seperti proses penuaan selama 10-20 tahun dalam proses metabolisme hidup seseorang. Dan hanya dicapai dalam kurunwaktu 4 hari kurang tidur. Sel-sel lemak perlu tidur, dan ketika mereka tidak mendapatkan cukup tidur, mereka secara metabolik akan menjadi tidak stabil."

Tidak Cukup Tidur Memiliki Dampak Yang Sangat Serius Terhadap Metabolisme Anda

Ketika Anda kurang tidur , hormon yang bertanggung jawab untuk memberikan rasa kenyang (disebut leptin) akan berkurang. Dan sebaliknya, hormon yang memberikan sinyal rasa lapar ( disebut juga hormon ghrelin) akan meningkat. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur hanya selama 4 jam hanya dalam 2 malam secara berturut-turut akan mengalami :
-. 18% pengurangan hormon Leptin
-. 28% meningkatnya hormon Ghrelin

Kombinasi ini secara nyata dapat meningkatkan nafsu makan siapa saja yang mengalaminya. Inilah alasan mengapa mereka yang kurang tidur sering merasa sangat mendambakan makanan yang manis dan berkalori tinggi.

Para peneliti berpendapat bahwa rasa kecanduan gula berakar dari kenyataan bahwa otak memerlukan sumber energi berupa gula (gula darah), dan oleh karenanya ketika Anda kurang tidur, dan otak Anda tidak dapat merespon insulin secara ideal, otak Anda merasa sangat kekurangan gula. Dari hal ini otak akan memberikan sinyal pada tubuh untuk mendapatkan asupan gula terus menerus meskipun sebenarnya tubuh Anda sudah kepebuhan oleh gula. Gula yang Anda konsumsi hanya tidak dapat digunakan oleh tubuh sebagai akibat dari resistensi insulin.

Lama kelamaan dari hal ini adalah, Anda akan meningkatkan resiko terjangkit berbagai penyakti kronis dan juga tentunya meningkatnya berat badan. Yang pada akhirnya akan memicu timbulnya berbagai penyakit pula.

Kurang tidur sungguh merupakan hal serius yang tidak dapat dianggap sebelah mata. Karena kurang tidur secara langsung berkaitan dengan sistem dasar pengaturan hormon dalam tubuh.

( Sumber terinspirasi dari : www.articles.mercola.com)

DISCLAIMER : Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai saran profesional dalam bidang medis. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk analisa kesehatan tubuh Anda yang akurat.

Airland Spring Bed
Springbed Elite Harga Termurah
Jual Spring Bed Comforta Murah
Harga Spring Bed Florence Termurah
Kasur Springbed RESTA
Aneka Kasur Spring Bed Anak 2in1
Tempat Tidur Anak Bigland