Harga Spring Bed Dunlopillo
Spring Bed King Koil Harga Murah
Harga Spring Bed Serta Murah
Spring Air Springbed
Kasur Spring Bed SImmons-Harga Murah
Jual Lady Americana Spring Bed Murah
Harga Grosir Therapedic Spring Bed
Guhdo Bed
Banner Testimoni Galleria Furniture

Get Smart With Your Diet

Fakta Yang Mungkin Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang Menurunkan Berat Badan

Berapa banyak diantara Anda yang telah berusaha diet mati-matian tapi tetap saja memiliki bobot tubuh yang lebih berat dari yang Anda inginkan ? Perjuangan panjang dalam menurunkan hanya 1 kilogram saja selama dua bulan harus sia-sia berakhir dalam satu weekend dimana Anda harus berkumpul bersama keluarga atau teman untuk makan bersama. Keadaan ini adalah keadaan klasik bagi mereka yang berjuang sepanjang hidupnya untuk memiliki berat badan yang sehat ideal.

Mengapa hal ini dapat terjadi ?

1. Genetik Memainkan Peranan Penting
Ketika para peneliti awalnya menemukannya pada tikus gemuk, mereka secara sederhana menamakannya Gen Gemuk. Beberapa tahunan kemudian ketika para ilmuwan berusaha meneliti penyebab yang menimbulkan diabetes tipe 2 pada manusia, ternyata para ilmuwan menekan pula Gen Gemuk pada tubuh manusia, yang pada akhirnya mereka namakan FTO.

Claude Bouchard, PhD, seorang Executive Director dari Pennington Biomedical Research Center di Louisiana State University System mengakatan bahwa bagi mereka yang memiliki kecenderungan untuk menjadi gemuk terdapat banyak gen gemuk dalam tubuh mereka yang secara terus menerus menambahkan tumpukan lemak disana-sini.

Lalu apakah tidak ada harapan bagi mereka yang memiliki FTO untuk menjadi langsing ? Menurut Claude Bouchard, Phd., gen ini tetap dapat dilawan dengan olah raga secara teratur.

2. Beberapa Orang Memang Dilahirkan Memiliki Sel Lemak Lebih Banyak
Kirsty Spalding, PhD., dari Karolinska Institue di Stockholm mengemukakan bahwa meskipun mereka yang memiliki banyak sel lemak berhasil menurunkan berat badan, namun sel-lemak tersebut tetap berada dalam tubuh dan selamanya haus untuk kembali mengikat lemak.

3. Anda Dapat Mengubah Metabolisme Anda
Kirsi Pietilainen, PhD, seorang Asisten Profesor Nutrisi dari Helsinki University Central Hospital meneliti beberapa pasangan kembar yang mana satu kurus dan satu lagi gemuk. Meskipun kembar Kirsi menemukan bahwa sel lemak si gemuk mengalami perubahan metabolik yang membuatnya lebih sulit untuk membakar lemak. Kirsi lebih lanjut mengatakan bahwa penambahan berat badan sebanyak 11 pon dapat memperlambat metabolisme dan dengan demikian orang tersebut memasuki lingkaran setan…semakin gemuk semakin sulit untuk menurunkannya kembali.

Lalu bagimana caranya ? Salah satu solusi utama dalam mengatasi hal ini adalah aktivitas fisik yang rutin. Terdengar bukan sebagai solusi yang menarik, tetapi itulah kodrat sebagai manusia. Sering kali kita harus melakukan hal-hal yang tidak kita sukai namun berguna bagi kebaikan kita. Sebuah realita yang harus ditanggapi secara proaktif alih-alih reaktif.

4. Stress Dapat Memicu Naiknya Berat Badan
Keadaan-keadaan yang membuat stress memicu timbulnya hormon stress yang membuat manusia menjadi memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat dan gula. Ketika para peneliti dalam sebuah studi mengambil makanan tinggi karbohidrat pada tikus, maka level hormon stress tikus-tikus meningkat.

Hormon stress juga memberikan sinyal bagi tubuh untuk menyimpan lemak. Hal ini telah ter-kode sejak zaman nenek moyang manusia ketika zaman berburu, dimana pasokan makanan tidaklah tersedia sepanjang tahun dalam jumlah yang sama. Ketika masa sulit mendapatkan makanan, seiring meningkatnya hormon stress, tubuh secara otomatis akan meningkatkan efektivitas penyimpanan lemak sebagai cadangan energi.

Solusinya ? Mulailah pelajari teknik-teknik relaksasi diri untuk manajemen stress. Luangkan waktu setiap hari bagi diri Anda sendiri untuk menenangkan dan menjernihkan pikiran.

5. Berat Badan Pasangan Anda Berpengaruh
Riset membuktikan bahwa penambahan berat badan merupakan hal yang menular. Sebuah Studi di New England Journal of Medicine menyarankan bahwa jika pasangan Anda mengalami obesitas maka sebanyak 37% kemungkinan Anda akan mengalaminya juga.

6. Kue Dapat Membuat Anda Kecanduan
Meskipun bukan dalam taraf kecanduan seperti halnya kokain atau alkohol, para ilmuwan menemukan bahwa kecanduan yang terjadi antara kencanduan makanan enak dengan kokain memiliki kemiripan.

Ketika subjek tes di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia ditunjukan pada nama-nama dari makanan yang mereka sukai, bagian dari otak mereka yang terangsang adalah bagian otak yang sama ketika diaktifkan oleh kecanduan obat-obatan terlarang.

"Hal ini mungkin berkaitan dengan Dopamine, hormon yang dikaitkan dengan motivasi dan kenikmatan," kata seorang peneliti dari Brookhaven National Laboratory in Upton, New York.

7. Anti-Oksidan Juga Merupakan Anti Lemak
"Radikal bebas kini juga bertanggung jawab bukan hanya membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda, tetapi juga lebih gemuk, " ucap Zane Andrews, PhD., seorang Neuroendocrinologis dari Monash University, Australia. RAdikal bebas merusak sel-sel yang memberi sinyal pada otak kita bahwa perut kita telah kenyang. Radikal bebas ini dapat muncul juga ketika kita mengkonsumsi berlebih permen, keripik, dan makanan lain dengan kadar karbohidrat, gula, dan lemak yang tinggi.

Cara terbaik untuk mengatasinya ? Sebelum sel-sel rasa kenyang Anda semakin lemah, segera biasakan diri untuk mengkonsumi banyak anti-oksidan yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Juga hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang semakin lama semakin menumpuk radikal bebas dalam tubuh Anda.

8. Gemuk Bukan Berarti Tidak Dapat Fit
Banyak Literatur menyatakan bahwa ukuran badan tidak selalu berkaitan dengan kesehatan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam the Archives of Internal Medicine mensurvey 5.440 orang dewasa di Amerika Serikat dan menemukan bahwa 51 % dari mereka yang kelebihan berat badan, dan 32% dari mereka yang mengalami obesitas memililki kadar kolesterol, gula darah, tekanan darah, yang normal. Begitu pula dengan paramater pengukuran kesehatan lainnya.

Lebih lanjut, bertentangan dengan apa yang dipercaya secara umum, studi tersebut melaporkan pula bahwa 23,5% orang dewasa yang langsing memiliki kelainan secara metabolik. Membuat mereka berisiko terhadap sakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Penemuan terakhir di Amerika Serikat oleh Department of Health and Human Services mengkonfirmasi pernyataan yang telah selama ini di suarakan oleh banyak dokter. Anda perlu minimal 30 menit aktivitas fisik yang sedang selama 5 hari dalam seminggu untuk kesehatan yang optimal. Jadi ketika Anda membayangkan olah raga jangan membayangkan aktivitas yang membuat Anda tersenggal-senggal seperti mau pingsan. Aktivitas olah raga sedang sudah sangat baik apabila dilakukan secara rutin. Mulailah membiasakan diri untuk bergerak, dan bangun stamina Anda untuk usia lebih panjang.

(Sumber terinspirasi dari : www.rd.com)

DISCLAIMER : Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai saran profesional dalam bidang medis. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk analisa kesehatan tubuh Anda yang akurat dan saran medis terbaik.

Lihat Juga :

-. 20 Makanan Pembakar Lemak

-. 18 Makanan Pembentuk Otot

-. 18 Tips Mudah Untuk Menurunkan Berat Badan

-. Fungsi Penting Tidur Terhadap Pembentukan Otot Yang OPTIMAL

Airland Spring Bed
Springbed Elite Harga Termurah
Jual Spring Bed Comforta Murah
Harga Spring Bed Florence Termurah
Kasur Springbed RESTA
Aneka Kasur Spring Bed Anak 2in1
Tempat Tidur Anak Bigland